Manfaat Daun Sirsak - Ginjal merupakan organ tubuh dari manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Selain itu berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengontrol tekanan darah, membantu dalam pembuatan sel darah merah serta mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.

Dengan fungsi ginjal yang sangat penting dalam kehidupan, maka kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan ginjal supaya tidak terjadi kerusakan dan penurunan fungsi dari ginjal sendiri. Nah, berikut ini merupakan 10 kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang mesti Anda hindari. Berikut diantaranya :

1. Kurangnya Pemasukan Air

Ketika tubuh kekurangan air, darah akan menjadi kental, mengakibatkan aliran darah yang menuju ginjal berkurang. Hal ini akan menghambat kemampuan ginjal untuk menghilangkan racun dari tubuh, dan efeknya adalah masalah kesehatan pada tubuh anda yang lebih sering. Tidak minum jumlah air yang cukup juga dapat menyebabkan kerusakan yang besar untuk ginjal anda. Fungsi utama dari ginjal adalah untuk mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh dan mengatur produksi eritrosit.

Menurut National Kidney Foundation, orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas sehari cairan untuk menjaga ginjal tetap sehat dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa minum terlalu banyak air juga bisa mengakibatkan ginjal anda bekerja keras. Jadi, jangan berlebihan.

2. Minuman Bersoda

Sebuah studi yang dilakukan pada karyawan yang bekerja di Universitas Osaka di Jepang menemukan fakta bahwa minum 2 gelas soda sehari atau lebih dikaitkan dengan lebih tingginya resiko penyakit ginjal. Penelitian ini melibatkan 12.000 orang.

Hasilnya bagi mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minum bersoda, pada urin mereka ditemukan kandungan protein yang tinggi di mana ini merupakan salah satu tanda-tanda pertama kerusakan ginjal, ginjal sudah menunjukan ketidak mampuannya menyerap mineral dan nutrisi serta menyarinnya dengan baik. Namun demikian, dengan mendeteksinya lebih cepat tentunya hal ini masih dapat membalikkan keadaan penyakit dengan pengobatan yang pas.

3. Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Badan kita sesungguhnya memerlukan natrium dari garam untuk menggerakkan fungsinya dengan benar. Tetapi beberapa orang tetapi saat ini konsumsi terlampau banyak garam, yang dapat menambah tekanan darah, yang selanjutnya bakal membebani ginjal. Butuh Anda kenali bahwa tekanan darah pada ginjal lebih tinggi dari pada desakan darah pada badan keseluruhannya. Mengkonsumsi garam yang sehat, dengan cara praktisnya yang baik yaitu tak lebih dari 5 gr setiap hari.

4. Sering Menahan pipis

Mungkin saja banyak yang menunda waktu kebelakang lantaran aktivitas pekerjaan atau lantaran hal-hal lain umpamanya diperjalanan. Menahan keluarnya urin bakal tingkatkan desakan pada ginjal serta membebaninya. Bila hal semacam ini kerapkali dilakukan, jadi bukanlah mustahil hal semacam ini bakal mengakibatkan gagal ginjal, menyebabkan batu ginjal, serta inkontinensia. Jadi baiknya apa yang diberitahukan oleh badan, baiknya selekasnya dituruti.

5. Kekurangan Vitamin Serta Mineral

Makan-makanan yang bersih, diet banyak sayuran fresh serta buah-buahan, utama untuk kesehatan keseluruhannya termasuk juga untuk manfaat ginjal yang baik. Banyak kekurangan vitamin serta mineral dapat tingkatkan resiko batu ginjal atau bahkan juga tidak berhasil ginjal. Umpamanya Vitamin B6 serta magnesium, dua nutrisi yang sangatlah utama untuk kurangi resiko batu ginjal.

6. Minum Alkohol Secara Berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada ginjal. Alkohol adalah racun yang menempatkan banyak tekanan pada ginjal dan hati.

Ketika anda minum minuman beralkohol dalam jumlah yang tinggi, hal itu menyebabkan asam urat disimpan dalam tubulus ginjal, yang membawa pada obstruksi tubular. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko gagal ginjal. Selain itu, alkohol menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi normal dari ginjal.

7. Merokok

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, merokok buruk bagi hampir setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara merokok dan penyakit ginjal.
Bahkan, merokok merupakan faktor utama di balik penyakit ginjal tahap akhir (ESRD, End Stage Renal Disease), menurut American Association of Kidney Patients (AAKP).

Merokok meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung serta mengurangi aliran darah dan mempersempit pembuluh darah di ginjal. Ia bahkan bisa mempercepat hilangnya fungsi ginjal dan memperburuk penyakit ginjal yang ada. Merokok tidak baik untuk setiap bagian tubuh anda, jadi sekarang saatnya untuk berhenti. Mintalah bantuan dari teman-teman, anggota keluarga atau profesional untuk membantu anda berhenti merokok.

8. Minum Kopi dengan cara berlebihan

Sama seperti seperti garam, cafein dapat tingkatkan tekanan darah ; yang selanjutnya bakal meletakkan desakan penambahan pada ginjal. Seiring berjalannya waktu, konsumsi kopi terlalu berlebih dapat mengakibatkan rusaknya pada ginjal. Dalam ukuran yang pas, kopi dapat berguna untuk kesehatan.

9. Memakai Analgetik Dalam Jangka Waktu Lama 

Banyak orang yang membeli obat obatan analgetik untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi demam atau peradangan. Padahal obat seperti ini memiliki efek samping dapat merusak organ tubuh seperti ginjal. Riset menunjukkan bahwa analgesik akan mengurangi aliran darah ke ginjal serta memperburuk manfaat ginjal.

Diluar itu, pemakaian jangka panjang dapat mengakibatkan malfungsi ginjal akut atau penyakit ginjal kritis yang di kenal juga sebagai nefritis interstitial kritis. Bila Anda alami penurunan fungsi ginjal, janganlah mengambil obat pembasmi rasa sakit tanpa resep dokter. Bahkan jika anda harus minum obat tersebut, mintalah dalam dosis yang rendah.

10. Kurang Tidur

Karena gaya hidup yang sibuk, banyak orang mengabaikan pentingnya tidur. Tidur 6 sampai 8 jam setiap hari adalah penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Selama malam hari ketika anda tidur, pembaharuan jaringan organ terjadi. Oleh karena itu, ketika anda tidak mendapatkan tidur yang baik, akan mengganggu proses pembaharuan, mengakibatkan kerusakan ginjal dan organ lainnya.

Studi juga menunjukkan bahwa tidur malam yang kurang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah). Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Demikianlah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal, untuk itu anda wajib menjaga ginjal anda dengan cara memperbanyak konsumsi makanan yang bersih serta fresh, cukup istirahat, tak menumpuk zat toksin, serta olahraga.

Kami juga merekomendasikan untuk anda suplemen kesehatan ginjal yang dapat menjaga dan mengobati berbagai macam jenis penyakit ginjal sampai tuntas, dan yang pastinya aman serta tanpa efek samping. Ingin tau lebih lanjut tentang produk kami ?? Silahkan anda klik gambar di bawah ini


Artikel

Powered by Blogger.

Alamat Kami

Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Rt. 002 Rw. 011, (Samping Perum Wijaya Permai 2), Kec.,Tawang,Tasikmalaya, Jawa Barat 46115 Lihat Peta

Layanan Konsultasi dan cara Pemesanan : 0853-2317-5444 (SMS & TLP) Pin BB : 5CE1A628

PEMBELIAN PRODUK

Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman terpercaya seperti Jne dan POS Indonesia, yang memberikan GARANSI produk herbal sampai ke tempat tujuan dalam kondisi yang baik. Kami juga melayani pengiriman dengan kurir yang menerima pembayaran secara COD / cash on delivery untuk wilayah : Tasikmalaya, Ciamis serta daerah sekitarnya.

Kami selalu berusaha memberikan layanan prima, cepat, tanggap, bersahabat, dan berkualitas.

Suplemen Kecantikan Kulit


Pos Terbaru